Alt/Text Gambar

Menjadi Orang Yang Bisa di Percaya

Written By Erwin Taniema on Jumat, 03 Agustus 2012 | 08.32


Kunci Kesuksesan adalah kepercayaan dari orang lain. Jika anda menjual, maka kepercayaan dari pembeli terhadap anda adalah segalanya. Demikian juga, jika anda adalah karyawan, maka kepercayaan dari atasan sangat penting. karena dengan begitulah, karir anda memiliki peluang besar untuk semakin maju. Nah, apa sebenarnya inti dari bisa dipercaya itu?
  1. Melakukan Apa yang Dikatakan. kecuali karena alasan yang benar-benar masuk akal, lakukan apa yang sudah anda katakan hendak dilakukan. bahkan jika itu adalah sesuatu yang remeh sekalipun.
  2. Jangan Pernah Berbohong. tidak ada kebohongan "putih". Jika ya katakan ya, namun jika tidak katakan tidak. Sikap dan perkataan yang jujurlah yang akan membuat seseorang di percaya. sebaliknya, orang jelas akan was-was memberikan kepercayaan kepada seseorang yang kedapatan berbohong, tidak berintegritas, tidak konsisten.
  3. Jangan Bicarakan Orang Lain. Di tempat kerja, kepercayaan tidak hanya berkaitan dengan kinerja. jangan lupakan juga bahwa ada relasi baik dengan rekan-rekan yang perlu dijaga. dan ini bisa terjaga dengan baik saat mereka menemui kita bisa dipercaya, yang tercermin dari sikap tidak suka membicarakan orang lain dan bergosip.
  4. Jangan Ingkar Janji. Janji tamu dengan klien, janji informal meeting dengan rekan, dan sebagainya menjadi utang yang harus diluasi. apapun yang terjadi, tepati janji itu. jika memang tidak bisa memenuhi janji, berikan alasan dan konfirmasi sebelumnya yang jelas kepada orang yang bersangkutan.
  5. Komunikasi. Kepercayaan tidak akan tercipta dalam semalam. Kepercayaan adalah akibat langsung dari sebuah hubungan yang baik dan rasa saling kenal. Untuk itu, komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja harus senantiasa dijaga. Tidak kenal, maka tak percaya. Mustahil seseorang memberi kepercayaan kepada orang yang tidak dikenalnya.
  6. Aktif, Bukan Pasif. Jika ingin dipercaya untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar, maka diperlukan sikap yang aktif. Salah satu caranya adalah dengan menjadi orang yang proaktif memberikan ide dan bertanggungjawab atas ide tersebut.
  7. Konsisten. Kebanyakan, orang yang dipercayai atasan atau rekan kerja adalah mereka yang memang berprestasi, selalu meningkat, atau setidaknya konsisten dalam hal standar dan performa kerjanya. berikan lebih dari apa yang atasan atau perusahaan minta, maka kepercayaan akan anda dapatkan.
diatas adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadi orang yang bisa dipercaya.. :)

Artikel terkait :
1. Orang Muda Yang mencintai Kehidupan
2. Cara Keliru Meraih Kepercayaan

0 komentar:

Posting Komentar